Berikut adalah Perencanaan Pembelajaran Mendalam untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila, kelas X SMK, semester Gasal, Bab 1: “Pengesahan dan Perumusan UUD 1945”.
PERENCANAAN
PEMBELAJARAN MENDALAM
IDENTIFIKASI
Kondisi Peserta Didik
Peserta didik merupakan siswa kelas X yang berasal dari latar belakang
pendidikan SMP/MTs dengan kemampuan dan wawasan yang berbeda-beda mengenai
sejarah bangsa dan konstitusi negara. Sebagian peserta didik masih menganggap
mata pelajaran Pancasila hanya berisi hafalan, sehingga perlu pendekatan yang
membangkitkan kesadaran kritis dan reflektif.
Materi Pembelajaran
- Latar
belakang perumusan UUD 1945
- Proses
perumusan dan pengesahan UUD 1945 oleh BPUPKI dan PPKI
- Tokoh-tokoh
penting dalam perumusan UUD 1945
- Nilai-nilai
dasar yang terkandung dalam UUD 1945
DESAIN
PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran
Peserta didik mampu menjelaskan proses perumusan dan pengesahan UUD 1945 serta
tokoh-tokoh yang terlibat dalam perumusannya secara runtut dan kritis, serta
memahami pentingnya UUD 1945 sebagai dasar negara.
Lintas Disiplin Ilmu
- Bahasa
Indonesia:
Analisis isi teks sejarah dan biografi tokoh perumus UUD
- Informatika: Pemanfaatan media digital
dalam pencarian informasi dan pembuatan infografis
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
- Mengidentifikasi
latar belakang perumusan UUD 1945
- Menjelaskan
proses pengesahan UUD 1945 oleh PPKI
- Menyebutkan
tokoh-tokoh penting dalam perumusan UUD 1945
- Menganalisis
pentingnya UUD 1945 sebagai dasar konstitusi negara
Topik Pembelajaran
Pengesahan dan Perumusan UUD 1945
Praktik Pedagogis
- Inquiry-Based
Learning
- Kolaboratif
- Reflektif
Kemitraan Pembelajaran
- Kolaborasi
dengan guru sejarah untuk penguatan konteks historis
- Kegiatan
wawancara tokoh masyarakat/pembina OSIS mengenai konstitusi
Lingkungan Pembelajaran
- Kelas
- Perpustakaan
sekolah
- Media
digital (video, arsip digital)
Pemanfaatan Digital
- Penayangan
dokumenter
- Pencarian
artikel sejarah dan teks asli UUD 1945
- Pembuatan
infografis tokoh perumus UUD 1945 dengan Canva
PERTEMUAN
1
PENGALAMAN
BELAJAR
AWAL
(Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
- Orientasi
- Salam
pembuka, doa bersama, dan pengecekan kehadiran
- Apersepsi
- Guru
menampilkan kutipan pembukaan UUD 1945 dan menanyakan:
“Apakah kalian tahu siapa yang merumuskannya dan dalam situasi seperti apa?”
- Motivasi
- Guru
menjelaskan pentingnya memahami sejarah konstitusi untuk menjadi warga
negara yang sadar hukum dan berkonstitusi
- Penyampaian
Tujuan Pembelajaran
- Guru
menyampaikan bahwa hari ini siswa akan mengeksplorasi sejarah perumusan
dan pengesahan UUD 1945 serta mengenal tokoh-tokohnya
- Asesmen
Awal
- Kuis
digital (Kahoot!/Google Form) 5 soal pilihan ganda seputar UUD 1945
- Tanya
jawab: “Apa yang kamu tahu tentang BPUPKI dan PPKI?”
INTI
(Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
A. Memahami
- Stimulus
- Pemutaran
video dokumenter singkat: “Proklamasi dan Konstitusi: Lahirnya UUD
1945”
- Identifikasi
Masalah
- Diskusi
kelas: “Mengapa UUD 1945 dirancang sebelum kemerdekaan diumumkan?”
B. Mengaplikasi
- Pengumpulan
Data
- Siswa
membaca artikel tentang BPUPKI, PPKI, dan tokoh perumus UUD
- Siswa
mengakses teks asli UUD 1945 melalui laman resmi
- Pengolahan
dan Pembuktian
- Kelompok
membuat tabel kronologi peristiwa perumusan UUD 1945
- Siswa
menyiapkan profil tokoh (misal: Soepomo, Yamin, Soekarno, Hatta)
- Menarik
Kesimpulan
- Diskusi
kelompok: Mengapa UUD 1945 menjadi konstitusi utama Indonesia?
- Komunikasi
- Presentasi
kelompok (infografis atau poster digital)
- Umpan
balik dari guru dan teman
C. Merefleksi
- Apa
pelajaran penting dari proses perumusan UUD 1945?
- Nilai
apa yang kamu lihat dari tokoh-tokoh perumus UUD?
- Apa
peran generasi muda dalam menjaga nilai-nilai konstitusi?
APLIKASI
DAN TINDAK LANJUT
- Tugas
individu: Menulis refleksi 1 paragraf tentang “Jika aku menjadi perumus
UUD 1945, nilai apa yang akan aku perjuangkan?”
- Dikirim
via Google Classroom atau ditulis di buku tugas
PENUTUP
- Guru
menyimpulkan pembelajaran
- Memberikan
pujian terhadap kerja kelompok
- Memberikan
preview materi pertemuan berikutnya
- Doa penutup
dan salam
LAMPIRAN
1. Materi
- PowerPoint
“Pengesahan dan Perumusan UUD 1945”
- Artikel
sejarah BPUPKI–PPKI
- Teks
asli Pembukaan UUD 1945
2. LKPD
Judul: Menelusuri Sejarah UUD
1945
Isi:
- Kronologi
pengesahan UUD 1945
- Identifikasi
tokoh dan perannya
- Analisis
nilai-nilai dasar UUD
3.
Asesmen
Asesmen Formatif Awal: Kuis 5 soal
Asesmen Formatif Proses: Rubrik presentasi kelompok
Asesmen Sumatif: Refleksi individu dan laporan kelompok
Rubrik Penilaian Presentasi
Aspek |
4
(Sangat Baik) |
3
(Baik) |
2
(Cukup) |
1
(Kurang) |
Ketepatan Isi |
Informasi akurat dan lengkap |
Cukup lengkap |
Ada kekeliruan minor |
Banyak kekeliruan |
Kreativitas |
Menarik & inovatif |
Menarik |
Biasa |
Kurang menarik |
Kerja Sama |
Sangat kompak |
Kompak |
Cukup |
Kurang kerja sama |
Komunikasi |
Jelas dan percaya diri |
Cukup jelas |
Kurang jelas |
Tidak komunikatif |
4.
Pengayaan dan Remidi
Pengayaan:
- Membuat
video pendek tokoh perumus UUD 1945
Remidi: - Pendampingan
dalam menyusun ulang kronologi UUD
5.
Glosarium
- BPUPKI: Badan Penyelidik Usaha
Persiapan Kemerdekaan Indonesia
- PPKI: Panitia Persiapan
Kemerdekaan Indonesia
- Konstitusi: Hukum dasar tertulis yang
mengatur sistem pemerintahan
- Proklamasi: Pernyataan kemerdekaan
Indonesia pada 17 Agustus 1945
6. Daftar
Pustaka
- Buku
Pendidikan Pancasila SMK Kelas X (Kemendikbud)
- Video
sejarah UUD (YouTube Kemendikbud)
- https://peraturan.go.id
- Ensiklopedia
Tokoh Nasional