HOTS >

RPP/PPM Bahasa Indonesia SMK Kelas X - Teks Laporan Hasil Observasi

Perencanaan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMK Kejuruan, dengan materi: Teks Laporan Hasil Observasi, dilaksanakan dalam 5 pertemuan (masing-masing 4 JP = 180 menit).

 

PERENCANAAN PEMBELAJARAN MENDALAM

IDENTIFIKASI

Kondisi Peserta Didik:
Peserta didik kelas X SMK Kejuruan memiliki latar belakang akademik dan minat yang bervariasi, sebagian besar memiliki keterampilan vokasional lebih menonjol dibandingkan keterampilan literasi. Dibutuhkan pendekatan kontekstual agar pembelajaran relevan dengan jurusan mereka.

Materi Pembelajaran:
Teks Laporan Hasil Observasi

Dimensi Profil Lulusan (DPL):

...

 DESAIN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu memahami struktur dan kebahasaan teks laporan hasil observasi serta mampu menyusun teks observasi yang sistematis, objektif, dan logis berdasarkan hasil pengamatan.

Lintas Disiplin Ilmu:

  • Bahasa Indonesia
  • Ilmu Kejuruan (dalam konteks objek observasi)
  • Informatika (penyajian digital laporan)

Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun teks laporan hasil observasi berdasarkan pengamatan langsung terhadap objek tertentu, sesuai struktur dan kaidah bahasa yang benar.

Topik Pembelajaran:

  1. Mengenal struktur dan ciri kebahasaan TLHO
  2. Menganalisis isi dan struktur teks TLHO
  3. Merancang kegiatan observasi
  4. Menyusun TLHO berdasarkan hasil pengamatan
  5. Menyajikan hasil laporan secara lisan dan tertulis

Praktik Pedagogis:

  • Berbasis Proyek
  • Pembelajaran Kontekstual
  • Diskusi Kelompok
  • Presentasi
  • Refleksi

Kemitraan Pembelajaran:
Kolaborasi dengan guru produktif/kejuruan untuk pemilihan objek observasi relevan.

Lingkungan Pembelajaran:
Kelas, lapangan, bengkel kerja, laboratorium, dan lingkungan sekitar sekolah.

Pemanfaatan Digital:

  • Penulisan laporan menggunakan Google Docs/MS Word
  • Presentasi menggunakan Canva/PowerPoint
  • Video dokumentasi observasi (opsional)

 

PERTEMUAN 1

Materi: Pengantar Teks Laporan Hasil Observasi (TLHO)

PENGALAMAN BELAJAR

AWAL (Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)

  1. Orientasi: Salam, doa, dan presensi
  2. Apersepsi: Menampilkan video pendek tentang laporan observasi siswa SMK di jurusan teknik/multimedia.
  3. Motivasi: Diskusi pentingnya keterampilan observasi dan pelaporan dalam dunia kerja dan vokasi.
  4. Penyampaian Tujuan Pembelajaran: Peserta didik memahami struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi.
  5. Asesmen Awal:
    • Soal 1: Apa perbedaan antara teks eksplanasi dan teks laporan hasil observasi?
    • Soal 2: Pernahkah kamu mengamati suatu objek dan menuliskannya dalam bentuk laporan?

INTI

A. Memahami

Stimulus:

  • Membaca contoh TLHO dari buku teks
  • Diskusi perbedaan struktur teks laporan vs teks deskripsi

Identifikasi Masalah:

  • Apa saja bagian dalam struktur TLHO?

B. Mengaplikasi

Pengumpulan Data:

  • Menandai struktur teks dan ciri kebahasaan pada contoh TLHO

Pengolahan & Pembuktian:

  • Membandingkan dua TLHO: satu lengkap dan satu tidak lengkap
  • Mencocokkan kaidah bahasa ilmiah

Menarik Kesimpulan:

  • Struktur TLHO terdiri dari definisi umum, deskripsi bagian, dan simpulan.

Komunikasi:

  • Menyampaikan hasil diskusi kelompok secara lisan

C. Merefleksi

  • Apa saja bagian penting dari struktur teks laporan hasil observasi?
  • Mengapa kebahasaan formal penting dalam laporan?
  • Apa yang baru saya pelajari hari ini?

Aplikasi dan Tindak Lanjut:

  • Mengamati objek sederhana di rumah (misal: kipas angin, pohon, atau motor) dan mencatat ciri-cirinya.

PENUTUP:

  • Ringkasan
  • Umpan balik
  • Penyampaian tugas rumah
  • Doa dan salam penutup

 

Lampiran Pertemuan 1:

LKPD 1 – Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Kegiatan

Instruksi

Membaca

Bacalah teks TLHO tentang "Pohon Mangga" dari buku siswa.

Identifikasi Struktur

Tandai paragraf mana yang termasuk definisi umum, deskripsi bagian, dan simpulan.

Ciri Kebahasaan

Soroti kata kerja mental, kata benda umum, dan kalimat definisi.

Diskusi

Apa perbedaan TLHO dengan teks lainnya?

 

ASESMEN AWAL 1

  1. Apa itu teks laporan hasil observasi?
  2. Sebutkan struktur TLHO yang kamu ketahui!
  3. Menurutmu, mengapa kita harus melaporkan hasil observasi secara sistematis?

 

PERTEMUAN 2

Materi: Menganalisis Isi dan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

 

PENGALAMAN BELAJAR

AWAL (Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
6. Orientasi: Salam, doa, dan presensi
7. Apersepsi: Menampilkan kembali contoh teks TLHO dari pertemuan sebelumnya, meminta siswa menyebutkan strukturnya
8. Motivasi: Menjelaskan pentingnya menganalisis isi laporan secara objektif dan ilmiah dalam dunia kerja/vokasi
9. Penyampaian Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu menganalisis isi dan struktur teks laporan hasil observasi berdasarkan objek yang diamati.

  1. Asesmen Awal:
  • Soal 1: Apa saja unsur struktur TLHO yang kamu ingat?
  • Soal 2: Apakah kamu pernah membuat laporan tertulis untuk kegiatan praktik kejuruan?

 

INTI (Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)

D. Memahami

Stimulus:

  • Guru menyajikan dua teks TLHO: satu sesuai struktur, satu dengan struktur tidak urut.

Identifikasi Masalah:

  • Apa akibatnya jika struktur laporan tidak sistematis?

 

E. Mengaplikasi

Pengumpulan Data:

  • Membaca kedua teks dan menandai struktur yang sesuai atau tidak sesuai
  • Menganalisis isi dan objektivitas masing-masing laporan

Pengolahan dan Pembuktian:

  • Mengisi tabel perbandingan antara kedua teks
  • Menyusun kembali struktur teks yang tidak urut agar logis dan sistematis

Menarik Kesimpulan:

  • Struktur TLHO penting untuk kejelasan dan validitas informasi
  • Objektivitas isi berkaitan dengan keakuratan hasil pengamatan

Komunikasi:

  • Menyampaikan hasil analisis per kelompok dan alasan logisnya

 

F. Merefleksi

Refleksi Individu:

  • Apa struktur TLHO yang kamu pahami kini lebih baik?
  • Mengapa isi laporan harus disusun berdasarkan hasil pengamatan langsung?

 

Aplikasi dan Tindak Lanjut

  • Tugas rumah: Amati satu benda di rumah/lingkungan (misal: laptop, kulkas, pohon pisang, alat praktik jurusan). Catat bagian-bagian dan fungsinya secara sistematis.

 

PENUTUP (Berkesadaran)

  • Guru merangkum materi
  • Umpan balik terhadap kinerja siswa
  • Penyampaian tugas rumah dan preview materi pertemuan berikutnya
  • Doa dan salam penutup

 

Lampiran Pertemuan 2

LKPD 2 – Menganalisis Struktur dan Isi TLHO

No

Kegiatan

Petunjuk

1

Bandingkan dua teks TLHO

Teks A (rapi), Teks B (acak). Tandai perbedaan struktur.

2

Analisis objektivitas

Lingkari kalimat opini yang seharusnya tidak ada.

3

Susun ulang Teks B

Buat urutan paragraf Teks B menjadi sistematis sesuai struktur TLHO.

4

Presentasi

Paparkan hasil kerja kelompok di depan kelas.

 

ASESMEN AWAL 2

  1. Apa yang terjadi jika struktur TLHO tidak runtut?
  2. Bagaimana cara mengenali isi laporan yang tidak objektif?
  3. Apakah struktur dan isi saling berkaitan dalam teks laporan? Jelaskan!


PERTEMUAN 3

Materi: Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Observasi

 

PENGALAMAN BELAJAR

AWAL (Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
11. Orientasi: Salam, doa, presensi
12. Apersepsi: Guru menampilkan contoh laporan hasil observasi berbasis jurusan
13. Motivasi: Pentingnya observasi langsung dalam membuat laporan faktual
14. Penyampaian Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu menyusun rencana observasi terhadap objek yang dipilih dan melaksanakan observasi secara langsung/mandiri.

  1. Asesmen Awal:
  • Soal 1: Apa yang harus diperhatikan sebelum melakukan observasi?
  • Soal 2: Pernahkah kamu mencatat hasil pengamatanmu dalam bentuk tabel?

 

INTI

G. Memahami

Stimulus:

  • Menampilkan contoh format panduan observasi
  • Diskusi kelompok tentang objek yang sesuai dengan jurusan masing-masing

Identifikasi Masalah:

  • Apa langkah-langkah sistematis dalam merancang kegiatan observasi?

 

H. Mengaplikasi

Pengumpulan Data:

  • Menentukan objek observasi dalam kelompok kecil (misal: alat praktik jurusan, tanaman sekolah, mesin, ruang bengkel, dll)

Pengolahan dan Pembuktian:

  • Mengisi lembar rencana observasi (nama objek, bagian-bagian, fungsi, karakteristik)
  • Melaksanakan observasi langsung di sekitar sekolah/lab praktik

Menarik Kesimpulan:

  • Apa yang ditemukan dari hasil observasi kelompok?
  • Apakah semua bagian berhasil diamati?

Komunikasi:

  • Presentasi singkat hasil catatan observasi per kelompok

 

I. Merefleksi

  • Apakah observasi yang kamu lakukan sesuai dengan rencana?
  • Bagaimana cara memastikan data yang dikumpulkan benar?
  • Apa tantangan dalam observasi langsung?

 

Aplikasi dan Tindak Lanjut

  • Selesaikan observasi lanjutan di rumah (jika belum selesai)
  • Siapkan draf awal laporan hasil observasi berdasarkan hasil pengamatan

 

PENUTUP

  • Ringkasan dan umpan balik
  • Penyampaian tugas menulis laporan observasi
  • Doa dan salam penutup

 

LKPD 3 – Merancang dan Melaksanakan Observasi

Kegiatan

Instruksi

Tentukan Objek

Pilih objek di lingkungan sekitar jurusanmu

Buat Rencana Observasi

Gunakan format yang disediakan: Nama objek, bagian, fungsi, ciri-ciri

Observasi Langsung

Kunjungi lokasi, catat secara sistematis

Diskusi

Laporkan hasil observasi kelompok di kelas

 

Asesmen Awal 3

  1. Sebutkan tiga hal yang perlu dipersiapkan sebelum observasi!
  2. Bagaimana mencatat hasil observasi agar mudah disusun menjadi teks?
  3. Mengapa observasi langsung penting dalam penulisan laporan?

 

 PERTEMUAN 4

Materi: Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Berdasarkan Data yang Dikumpulkan

 

PENGALAMAN BELAJAR

AWAL (Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
16. Orientasi: Salam, doa, presensi
17. Apersepsi: Meninjau hasil observasi kelompok dari pertemuan sebelumnya
18. Motivasi: Menunjukkan contoh teks observasi yang ditulis berdasarkan data lapangan
19. Penyampaian Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu menyusun teks laporan hasil observasi yang lengkap, sesuai struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.

  1. Asesmen Awal:
  • Soal 1: Apa struktur TLHO yang harus digunakan dalam penulisan?
  • Soal 2: Apa saja kesalahan umum saat menulis laporan observasi?

 

INTI

J. Memahami

Stimulus:

  • Menampilkan contoh teks laporan hasil observasi dari objek nyata
  • Membahas kelemahan dan kekuatannya

Identifikasi Masalah:

  • Bagaimana menyusun teks TLHO secara runtut dan sesuai kaidah bahasa?

 

K. Mengaplikasi

Pengumpulan Data:

  • Menyusun draf teks laporan hasil observasi berdasarkan hasil observasi sebelumnya

Pengolahan dan Pembuktian:

  • Menyesuaikan isi teks dengan struktur:
    1. Definisi umum
    2. Deskripsi bagian
    3. Simpulan
  • Memperhatikan unsur kebahasaan: kata benda umum, kalimat definisi, konjungsi

Menarik Kesimpulan:

  • Teks laporan harus obyektif, runtut, dan berbasis fakta

Komunikasi:

  • Membaca hasil laporan kelompok secara bergilir

 

L. Merefleksi

  • Bagaimana tantangan dalam menyusun teks laporan?
  • Apakah hasil laporan sudah sesuai struktur dan kaidah?
  • Apa yang perlu diperbaiki dalam laporan kelompokmu?

 

Aplikasi dan Tindak Lanjut

  • Perbaiki teks berdasarkan umpan balik guru
  • Siapkan untuk presentasi kelompok di pertemuan berikutnya

 

PENUTUP

  • Ringkasan
  • Tanya-jawab
  • Doa dan salam

 

📎 LKPD 4 – Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

Tahapan

Instruksi

Struktur

Tulis definisi umum, deskripsi bagian, dan simpulan berdasarkan objekmu

Kaidah Bahasa

Gunakan kalimat definisi, kata kerja mental, dan kata benda umum

Penyuntingan

Tukar laporanmu dengan kelompok lain dan saling beri masukan

Simpulan

Presentasikan draf laporan kelompokmu

 

Asesmen Awal 4

  1. Tuliskan struktur lengkap teks laporan hasil observasi!
  2. Mengapa laporan observasi harus berbasis fakta dan bukan opini?
  3. Apa yang dimaksud dengan "bahasa ilmiah" dalam laporan?

 

PERTEMUAN 5

Materi: Menyajikan dan Merevisi Laporan Hasil Observasi

 

PENGALAMAN BELAJAR

AWAL (Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
21. Orientasi: Salam, doa, presensi
22. Apersepsi: Melihat tayangan singkat presentasi laporan hasil observasi
23. Motivasi: Menjelaskan pentingnya menyampaikan laporan secara lisan di dunia kerja
24. Penyampaian Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu mempresentasikan hasil laporan secara lisan dan melakukan revisi berdasarkan masukan dari guru dan teman sejawat.

  1. Asesmen Awal:
  • Soal 1: Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan laporan secara lisan?
  • Soal 2: Apa manfaat menerima umpan balik dari orang lain?

 

INTI

M. Memahami

Stimulus:

  • Guru menampilkan contoh presentasi laporan observasi yang baik
  • Diskusi tentang ciri presentasi yang efektif

Identifikasi Masalah:

  • Bagaimana menyajikan laporan yang informatif dan komunikatif?

 

N. Mengaplikasi

Pengumpulan Data:

  • Menyusun alat bantu presentasi (slide, gambar objek, infografis sederhana)

Pengolahan dan Pembuktian:

  • Presentasi kelompok di depan kelas selama 5–7 menit
  • Kelompok lain memberi catatan evaluasi dan komentar

Menarik Kesimpulan:

  • Apa kekuatan dan kelemahan presentasi masing-masing kelompok?

Komunikasi:

  • Refleksi lisan dan tertulis dari siswa

 

O. Merefleksi

  • Bagaimana pengalaman menyampaikan laporan?
  • Apa manfaat revisi?
  • Bagaimana cara memperbaiki kualitas laporanmu?

 

Aplikasi dan Tindak Lanjut

  • Revisi akhir laporan dalam format teks dan digital (Word/PDF)
  • Simpan sebagai portofolio tugas akhir bab

 

PENUTUP

  • Umpan balik menyeluruh
  • Penguatan nilai-nilai observasi dan pelaporan
  • Doa dan salam

 

LKPD 5 – Presentasi dan Revisi Laporan Observasi

Kegiatan

Instruksi

Siapkan Presentasi

Gunakan hasil laporan kelompokmu untuk presentasi 5–7 menit

Saling Evaluasi

Gunakan rubrik presentasi untuk menilai kelompok lain

Lakukan Revisi

Gunakan masukan guru dan teman untuk menyempurnakan laporan

Unggah Tugas

Kumpulkan versi final laporan digital (Word/PDF)

 

Asesmen Awal 5

  1. Sebutkan 3 hal penting dalam presentasi laporan observasi!
  2. Mengapa revisi diperlukan meskipun laporan sudah selesai ditulis?
  3. Apa manfaat mempresentasikan laporanmu ke orang lain?

 

 Rubrik Penilaian Pertemuan 1

Materi: Mengenal Struktur dan Ciri Kebahasaan TLHO

Aspek

Indikator

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

Pemahaman Struktur

Mampu mengidentifikasi 3 struktur TLHO

Menyebutkan dan menjelaskan ketiganya dengan benar

Menyebutkan 2 struktur dengan penjelasan kurang tepat

Menyebutkan 1 struktur dengan penjelasan tidak tepat

Tidak bisa menyebutkan struktur TLHO

Ciri Kebahasaan

Menunjukkan ciri-ciri bahasa ilmiah dalam teks

Menemukan ≥3 ciri bahasa ilmiah

Menemukan 2 ciri

Menemukan 1 ciri

Tidak menemukan ciri

Partisipasi Diskusi

Aktif dalam diskusi kelompok

Berkontribusi aktif dan ide orisinal

Sesekali menyumbang ide

Diam, hanya ikut mendengar

Tidak terlibat sama sekali

 

Rubrik Penilaian Pertemuan 2

Materi: Menganalisis Isi dan Struktur TLHO

Aspek

Indikator

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

Analisis Struktur

Mampu membedakan teks lengkap dan tidak lengkap

Analisis tepat dan argumen kuat

Analisis tepat namun kurang alasan

Sebagian benar, masih ragu-ragu

Analisis salah atau asal

Objektivitas Isi

Mampu membedakan kalimat fakta dan opini

Semua kalimat dibedakan dengan tepat

Mayoritas tepat

Beberapa salah

Tidak bisa membedakan

Kolaborasi

Bekerja sama dalam kelompok

Aktif dan mendukung teman

Berperan cukup baik

Pasif, hanya ikut

Tidak terlibat

 

Rubrik Penilaian Pertemuan 3

Materi: Merancang dan Melaksanakan Observasi

Aspek

Indikator

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

Perencanaan Observasi

Menyusun rencana observasi lengkap

Rencana rinci, jelas, dan realistis

Cukup lengkap namun kurang detail

Kurang lengkap atau tidak sesuai

Tidak membuat

Pelaksanaan Observasi

Mampu mengumpulkan data sesuai rencana

Data lengkap, sistematis, sesuai rencana

Data cukup akurat namun belum sistematis

Data kurang lengkap

Tidak melakukan observasi

Catatan Lapangan

Mampu mencatat hasil pengamatan

Catatan rapi, lengkap, dan objektif

Cukup rapi dan objektif

Catatan tidak runtut

Tidak mencatat atau asal

 

Rubrik Penilaian Pertemuan 4

Materi: Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

Aspek

Indikator

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

Struktur Teks

Mengikuti urutan: definisi umum, deskripsi bagian, simpulan

Urutan lengkap dan logis

Hampir lengkap dan logis

Urutan tidak sistematis

Tidak sesuai struktur

Kebahasaan

Menggunakan kaidah kebahasaan TLHO

Semua kaidah diterapkan dengan tepat

Sebagian besar tepat

Banyak kesalahan

Tidak menggunakan kaidah

Penyuntingan Teks

Melakukan revisi berdasarkan masukan

Revisi lengkap dan akurat

Revisi sebagian

Revisi seadanya

Tidak revisi sama sekali

 

Rubrik Penilaian Pertemuan 5

Materi: Presentasi dan Revisi Laporan

Aspek

Indikator

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

Penyajian Presentasi

Menyampaikan laporan dengan percaya diri dan jelas

Suara jelas, sikap baik, isi disampaikan logis

Cukup percaya diri, isi agak kurang runtut

Kurang percaya diri dan isi membingungkan

Tidak menyampaikan

Alat Bantu/Media

Menggunakan media yang mendukung isi presentasi

Media relevan, estetis, dan membantu pemahaman

Media cukup baik

Media seadanya, kurang relevan

Tidak menggunakan media

Tanggapan Umpan Balik

Mampu merevisi laporan dengan tepat

Revisi sangat baik, sesuai semua saran

Revisi sebagian

Revisi tidak sesuai saran

Tidak merevisi

 


LAMPIRAN PER PERTEMUAN

 

Pertemuan 1 – Mengenal Struktur dan Ciri Kebahasaan TLHO

Materi Inti:

  • Pengertian TLHO
  • Fungsi dan tujuan TLHO
  • Struktur: Definisi umum, deskripsi bagian, simpulan
  • Kaidah kebahasaan: kata benda umum, kata kerja mental, kalimat definisi, konjungsi kausal/temporal

LKPD 1:

  1. Baca teks TLHO tentang “Pohon Mangga”
  2. Identifikasi struktur teks
  3. Tandai kalimat dengan kata benda umum dan kata kerja mental
  4. Diskusikan perbedaannya dengan teks deskripsi

Asesmen Awal:

  1. Jelaskan pengertian teks laporan hasil observasi!
  2. Sebutkan dan jelaskan struktur utama TLHO!
  3. Mengapa teks ini harus bersifat objektif?

 

Pertemuan 2 – Menganalisis Isi dan Struktur TLHO

Materi Inti:

  • Membedakan teks TLHO yang sesuai dan tidak sesuai struktur
  • Membedakan kalimat fakta dan opini
  • Memperkuat pemahaman struktur teks

LKPD 2:

  1. Bandingkan Teks A (benar) dan Teks B (salah urut)
  2. Identifikasi bagian yang sesuai dan tidak
  3. Tandai kalimat opini yang tidak seharusnya muncul
  4. Susun ulang Teks B agar sesuai struktur TLHO

Asesmen Awal:

  1. Apa akibatnya jika struktur laporan tidak sistematis?
  2. Bagaimana membedakan fakta dan opini?
  3. Apakah semua laporan harus disusun dengan struktur tertentu?

 

Pertemuan 3 – Merancang dan Melaksanakan Observasi

Materi Inti:

  • Menentukan objek observasi (relevan dengan jurusan)
  • Menyusun rencana observasi
  • Melakukan pengamatan dan pencatatan hasil

LKPD 3:

  1. Pilih objek observasi (alat praktik, tanaman, mesin, dll.)
  2. Lengkapi format:
    • Nama objek
    • Ciri fisik
    • Fungsi
    • Bagian-bagian penting
  3. Observasi langsung dan isi catatan pengamatan

Asesmen Awal:

  1. Sebutkan 3 hal yang harus dipersiapkan sebelum observasi!
  2. Bagaimana mencatat hasil pengamatan yang baik?
  3. Apa manfaat mencatat hasil observasi secara sistematis?

 

Pertemuan 4 – Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

Materi Inti:

  • Menyusun TLHO berdasarkan hasil observasi
  • Menggunakan struktur dan bahasa ilmiah
  • Penyuntingan teks

LKPD 4:

  1. Gunakan hasil observasi untuk menulis TLHO
  2. Gunakan struktur:
    • Definisi Umum
    • Deskripsi Bagian
    • Simpulan
  3. Gunakan kebahasaan yang sesuai
  4. Tukar teks dengan kelompok lain dan beri umpan balik

Asesmen Awal:

  1. Apa struktur dasar TLHO yang harus dipatuhi?
  2. Mengapa laporan harus berbasis fakta dan bukan opini?
  3. Apa yang dimaksud kalimat definisi dan contohnya?

 

Pertemuan 5 – Menyajikan dan Merevisi Laporan Hasil Observasi

Materi Inti:

  • Presentasi TLHO
  • Penilaian sejawat
  • Revisi teks laporan

LKPD 5:

  1. Siapkan presentasi kelompok (5–7 menit)
  2. Gunakan media visual (slide/infografis/gambar)
  3. Evaluasi presentasi kelompok lain (rubrik)
  4. Revisi laporan berdasarkan umpan balik

Asesmen Awal:

  1. Sebutkan hal-hal penting dalam presentasi laporan!
  2. Apa manfaat melakukan revisi laporan?
  3. Mengapa masukan dari orang lain itu penting?

 

Lampiran Tambahan

 

Asesmen Format Proses & Sumatif

Formatif (dalam proses):

  • Kinerja diskusi kelompok
  • Partisipasi observasi lapangan
  • Keaktifan mengajukan pertanyaan

Sumatif (akhir):

  • Produk teks laporan observasi
  • Presentasi laporan kelompok
  • Kuis pemahaman struktur & kebahasaan

 

Pengayaan dan Remedi

Pengayaan:

  • Tugas membuat TLHO berbasis video dokumenter
  • Menulis TLHO tentang alat praktik jurusan lain (lintas program keahlian)

Remedi:

  • Menyusun ulang struktur teks berdasarkan template
  • Bimbingan menyusun kalimat definisi dan deskripsi bagian

 

Glosarium

Istilah

Arti

Observasi

Pengamatan langsung terhadap objek

TLHO

Teks yang melaporkan hasil pengamatan

Definisi Umum

Bagian teks yang berisi pengenalan objek

Deskripsi Bagian

Penjelasan bagian-bagian objek secara rinci

Kalimat definisi

Kalimat yang menjelaskan pengertian suatu hal

Objektif

Berdasarkan fakta, bukan opini pribadi

 

Daftar Pustaka

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Bahasa Indonesia Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.
  2. Kemdikbudristek. (2021). Modul Ajar Kurikulum Merdeka – Bahasa Indonesia SMK.
  3. Susanto, A. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Yogyakarta: Deepublish.
  4. Modul Projek Profil Pelajar Pancasila. Kemdikbud (2022)

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post