Perencanaan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMK Kejuruan, dengan materi: Teks Laporan Hasil Observasi, dilaksanakan dalam 5 pertemuan (masing-masing 4 JP = 180 menit).
PERENCANAAN PEMBELAJARAN MENDALAM
IDENTIFIKASI
Kondisi
Peserta Didik:
Peserta didik kelas X SMK Kejuruan memiliki latar belakang akademik dan minat
yang bervariasi, sebagian besar memiliki keterampilan vokasional lebih menonjol
dibandingkan keterampilan literasi. Dibutuhkan pendekatan kontekstual agar
pembelajaran relevan dengan jurusan mereka.
Materi
Pembelajaran:
Teks Laporan Hasil Observasi
Dimensi
Profil Lulusan (DPL):
Capaian
Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu memahami struktur dan kebahasaan teks laporan hasil
observasi serta mampu menyusun teks observasi yang sistematis, objektif, dan
logis berdasarkan hasil pengamatan.
Lintas
Disiplin Ilmu:
- Bahasa Indonesia
- Ilmu Kejuruan (dalam konteks
objek observasi)
- Informatika (penyajian
digital laporan)
Tujuan
Pembelajaran:
Peserta didik mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun teks laporan
hasil observasi berdasarkan pengamatan langsung terhadap objek tertentu, sesuai
struktur dan kaidah bahasa yang benar.
Topik
Pembelajaran:
- Mengenal struktur dan ciri
kebahasaan TLHO
- Menganalisis isi dan
struktur teks TLHO
- Merancang kegiatan observasi
- Menyusun TLHO berdasarkan
hasil pengamatan
- Menyajikan hasil laporan
secara lisan dan tertulis
Praktik
Pedagogis:
- Berbasis Proyek
- Pembelajaran Kontekstual
- Diskusi Kelompok
- Presentasi
- Refleksi
Kemitraan
Pembelajaran:
Kolaborasi dengan guru produktif/kejuruan untuk pemilihan objek observasi
relevan.
Lingkungan
Pembelajaran:
Kelas, lapangan, bengkel kerja, laboratorium, dan lingkungan sekitar sekolah.
Pemanfaatan
Digital:
- Penulisan laporan
menggunakan Google Docs/MS Word
- Presentasi menggunakan
Canva/PowerPoint
- Video dokumentasi observasi
(opsional)
PERTEMUAN 1
Materi: Pengantar Teks Laporan Hasil Observasi
(TLHO)
PENGALAMAN BELAJAR
AWAL
(Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
- Orientasi: Salam, doa, dan presensi
- Apersepsi: Menampilkan video pendek
tentang laporan observasi siswa SMK di jurusan teknik/multimedia.
- Motivasi: Diskusi pentingnya
keterampilan observasi dan pelaporan dalam dunia kerja dan vokasi.
- Penyampaian Tujuan
Pembelajaran: Peserta
didik memahami struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi.
- Asesmen Awal:
- Soal 1: Apa perbedaan antara teks
eksplanasi dan teks laporan hasil observasi?
- Soal 2: Pernahkah kamu mengamati
suatu objek dan menuliskannya dalam bentuk laporan?
INTI
A. Memahami
Stimulus:
- Membaca contoh TLHO dari
buku teks
- Diskusi perbedaan struktur
teks laporan vs teks deskripsi
Identifikasi
Masalah:
- Apa saja bagian dalam
struktur TLHO?
B. Mengaplikasi
Pengumpulan
Data:
- Menandai struktur teks dan
ciri kebahasaan pada contoh TLHO
Pengolahan
& Pembuktian:
- Membandingkan dua TLHO: satu
lengkap dan satu tidak lengkap
- Mencocokkan kaidah bahasa
ilmiah
Menarik
Kesimpulan:
- Struktur TLHO terdiri dari
definisi umum, deskripsi bagian, dan simpulan.
Komunikasi:
- Menyampaikan hasil diskusi
kelompok secara lisan
C. Merefleksi
- Apa saja bagian penting dari
struktur teks laporan hasil observasi?
- Mengapa kebahasaan formal
penting dalam laporan?
- Apa yang baru saya pelajari
hari ini?
Aplikasi
dan Tindak Lanjut:
- Mengamati objek sederhana di
rumah (misal: kipas angin, pohon, atau motor) dan mencatat ciri-cirinya.
PENUTUP:
- Ringkasan
- Umpan balik
- Penyampaian tugas rumah
- Doa dan salam penutup
Lampiran
Pertemuan 1:
LKPD 1 – Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi
Kegiatan |
Instruksi |
Membaca |
Bacalah
teks TLHO tentang "Pohon Mangga" dari buku siswa. |
Identifikasi
Struktur |
Tandai
paragraf mana yang termasuk definisi umum, deskripsi bagian, dan simpulan. |
Ciri
Kebahasaan |
Soroti
kata kerja mental, kata benda umum, dan kalimat definisi. |
Diskusi |
Apa
perbedaan TLHO dengan teks lainnya? |
ASESMEN AWAL 1
- Apa itu teks laporan hasil
observasi?
- Sebutkan struktur TLHO yang
kamu ketahui!
- Menurutmu, mengapa kita
harus melaporkan hasil observasi secara sistematis?
PERTEMUAN 2
Materi: Menganalisis
Isi dan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
PENGALAMAN
BELAJAR
AWAL (Berkesadaran, Bermakna,
Menggembirakan)
6. Orientasi: Salam, doa, dan presensi
7. Apersepsi: Menampilkan kembali contoh teks TLHO dari pertemuan
sebelumnya, meminta siswa menyebutkan strukturnya
8. Motivasi: Menjelaskan pentingnya menganalisis isi laporan secara
objektif dan ilmiah dalam dunia kerja/vokasi
9. Penyampaian Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu menganalisis isi dan struktur teks laporan hasil observasi
berdasarkan objek yang diamati.
- Asesmen
Awal:
- Soal
1: Apa
saja unsur struktur TLHO yang kamu ingat?
- Soal
2:
Apakah kamu pernah membuat laporan tertulis untuk kegiatan praktik
kejuruan?
INTI
(Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan)
D.
Memahami
Stimulus:
- Guru
menyajikan dua teks TLHO: satu sesuai struktur, satu dengan struktur tidak
urut.
Identifikasi Masalah:
- Apa
akibatnya jika struktur laporan tidak sistematis?
E.
Mengaplikasi
Pengumpulan Data:
- Membaca
kedua teks dan menandai struktur yang sesuai atau tidak sesuai
- Menganalisis
isi dan objektivitas masing-masing laporan
Pengolahan dan Pembuktian:
- Mengisi
tabel perbandingan antara kedua teks
- Menyusun
kembali struktur teks yang tidak urut agar logis dan sistematis
Menarik Kesimpulan:
- Struktur
TLHO penting untuk kejelasan dan validitas informasi
- Objektivitas
isi berkaitan dengan keakuratan hasil pengamatan
Komunikasi:
- Menyampaikan
hasil analisis per kelompok dan alasan logisnya
F.
Merefleksi
Refleksi Individu:
- Apa
struktur TLHO yang kamu pahami kini lebih baik?
- Mengapa
isi laporan harus disusun berdasarkan hasil pengamatan langsung?
Aplikasi
dan Tindak Lanjut
- Tugas
rumah: Amati satu benda di rumah/lingkungan (misal: laptop, kulkas, pohon
pisang, alat praktik jurusan). Catat bagian-bagian dan fungsinya secara
sistematis.
PENUTUP
(Berkesadaran)
- Guru
merangkum materi
- Umpan
balik terhadap kinerja siswa
- Penyampaian
tugas rumah dan preview materi pertemuan berikutnya
- Doa
dan salam penutup
Lampiran
Pertemuan 2
LKPD 2 –
Menganalisis Struktur dan Isi TLHO
No |
Kegiatan |
Petunjuk |
1 |
Bandingkan dua teks TLHO |
Teks A (rapi), Teks B (acak).
Tandai perbedaan struktur. |
2 |
Analisis objektivitas |
Lingkari kalimat opini yang
seharusnya tidak ada. |
3 |
Susun ulang Teks B |
Buat urutan paragraf Teks B
menjadi sistematis sesuai struktur TLHO. |
4 |
Presentasi |
Paparkan hasil kerja kelompok
di depan kelas. |
ASESMEN
AWAL 2
- Apa
yang terjadi jika struktur TLHO tidak runtut?
- Bagaimana
cara mengenali isi laporan yang tidak objektif?
- Apakah
struktur dan isi saling berkaitan dalam teks laporan? Jelaskan!
PERTEMUAN
3
Materi: Merancang
dan Melaksanakan Kegiatan Observasi
PENGALAMAN
BELAJAR
AWAL (Berkesadaran, Bermakna,
Menggembirakan)
11. Orientasi: Salam, doa, presensi
12. Apersepsi: Guru menampilkan contoh laporan hasil observasi berbasis
jurusan
13. Motivasi: Pentingnya observasi langsung dalam membuat laporan
faktual
14. Penyampaian Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu menyusun rencana observasi terhadap objek yang dipilih dan
melaksanakan observasi secara langsung/mandiri.
- Asesmen
Awal:
- Soal
1: Apa
yang harus diperhatikan sebelum melakukan observasi?
- Soal
2:
Pernahkah kamu mencatat hasil pengamatanmu dalam bentuk tabel?
INTI
G.
Memahami
Stimulus:
- Menampilkan
contoh format panduan observasi
- Diskusi
kelompok tentang objek yang sesuai dengan jurusan masing-masing
Identifikasi Masalah:
- Apa
langkah-langkah sistematis dalam merancang kegiatan observasi?
H.
Mengaplikasi
Pengumpulan Data:
- Menentukan
objek observasi dalam kelompok kecil (misal: alat praktik jurusan, tanaman
sekolah, mesin, ruang bengkel, dll)
Pengolahan dan Pembuktian:
- Mengisi
lembar rencana observasi (nama objek, bagian-bagian, fungsi,
karakteristik)
- Melaksanakan
observasi langsung di sekitar sekolah/lab praktik
Menarik Kesimpulan:
- Apa
yang ditemukan dari hasil observasi kelompok?
- Apakah
semua bagian berhasil diamati?
Komunikasi:
- Presentasi
singkat hasil catatan observasi per kelompok
I.
Merefleksi
- Apakah
observasi yang kamu lakukan sesuai dengan rencana?
- Bagaimana
cara memastikan data yang dikumpulkan benar?
- Apa
tantangan dalam observasi langsung?
Aplikasi
dan Tindak Lanjut
- Selesaikan
observasi lanjutan di rumah (jika belum selesai)
- Siapkan
draf awal laporan hasil observasi berdasarkan hasil pengamatan
PENUTUP
- Ringkasan
dan umpan balik
- Penyampaian
tugas menulis laporan observasi
- Doa
dan salam penutup
LKPD 3 – Merancang dan
Melaksanakan Observasi
Kegiatan |
Instruksi |
Tentukan Objek |
Pilih objek di lingkungan
sekitar jurusanmu |
Buat Rencana Observasi |
Gunakan format yang disediakan:
Nama objek, bagian, fungsi, ciri-ciri |
Observasi Langsung |
Kunjungi lokasi, catat secara
sistematis |
Diskusi |
Laporkan hasil observasi
kelompok di kelas |
Asesmen Awal 3
- Sebutkan
tiga hal yang perlu dipersiapkan sebelum observasi!
- Bagaimana
mencatat hasil observasi agar mudah disusun menjadi teks?
- Mengapa
observasi langsung penting dalam penulisan laporan?
Materi: Menyusun
Teks Laporan Hasil Observasi Berdasarkan Data yang Dikumpulkan
PENGALAMAN
BELAJAR
AWAL (Berkesadaran, Bermakna,
Menggembirakan)
16. Orientasi: Salam, doa, presensi
17. Apersepsi: Meninjau hasil observasi kelompok dari pertemuan
sebelumnya
18. Motivasi: Menunjukkan contoh teks observasi yang ditulis berdasarkan
data lapangan
19. Penyampaian Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu menyusun teks laporan hasil observasi yang lengkap, sesuai
struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.
- Asesmen
Awal:
- Soal
1: Apa
struktur TLHO yang harus digunakan dalam penulisan?
- Soal
2: Apa
saja kesalahan umum saat menulis laporan observasi?
INTI
J.
Memahami
Stimulus:
- Menampilkan
contoh teks laporan hasil observasi dari objek nyata
- Membahas
kelemahan dan kekuatannya
Identifikasi Masalah:
- Bagaimana
menyusun teks TLHO secara runtut dan sesuai kaidah bahasa?
K.
Mengaplikasi
Pengumpulan Data:
- Menyusun
draf teks laporan hasil observasi berdasarkan hasil observasi sebelumnya
Pengolahan dan Pembuktian:
- Menyesuaikan
isi teks dengan struktur:
- Definisi umum
- Deskripsi bagian
- Simpulan
- Memperhatikan
unsur kebahasaan: kata benda umum, kalimat definisi, konjungsi
Menarik Kesimpulan:
- Teks
laporan harus obyektif, runtut, dan berbasis fakta
Komunikasi:
- Membaca
hasil laporan kelompok secara bergilir
L. Merefleksi
- Bagaimana
tantangan dalam menyusun teks laporan?
- Apakah
hasil laporan sudah sesuai struktur dan kaidah?
- Apa
yang perlu diperbaiki dalam laporan kelompokmu?
Aplikasi
dan Tindak Lanjut
- Perbaiki
teks berdasarkan umpan balik guru
- Siapkan
untuk presentasi kelompok di pertemuan berikutnya
PENUTUP
- Ringkasan
- Tanya-jawab
- Doa
dan salam
📎 LKPD
4 – Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi
Tahapan |
Instruksi |
Struktur |
Tulis definisi umum, deskripsi
bagian, dan simpulan berdasarkan objekmu |
Kaidah Bahasa |
Gunakan kalimat definisi, kata
kerja mental, dan kata benda umum |
Penyuntingan |
Tukar laporanmu dengan kelompok
lain dan saling beri masukan |
Simpulan |
Presentasikan draf laporan
kelompokmu |
Asesmen Awal 4
- Tuliskan
struktur lengkap teks laporan hasil observasi!
- Mengapa
laporan observasi harus berbasis fakta dan bukan opini?
- Apa
yang dimaksud dengan "bahasa ilmiah" dalam laporan?
PERTEMUAN
5
Materi: Menyajikan
dan Merevisi Laporan Hasil Observasi
PENGALAMAN
BELAJAR
AWAL (Berkesadaran, Bermakna,
Menggembirakan)
21. Orientasi: Salam, doa, presensi
22. Apersepsi: Melihat tayangan singkat presentasi laporan hasil
observasi
23. Motivasi: Menjelaskan pentingnya menyampaikan laporan secara lisan
di dunia kerja
24. Penyampaian Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu mempresentasikan hasil laporan secara lisan dan melakukan
revisi berdasarkan masukan dari guru dan teman sejawat.
- Asesmen
Awal:
- Soal
1: Apa
saja yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan laporan secara lisan?
- Soal
2: Apa
manfaat menerima umpan balik dari orang lain?
INTI
M.
Memahami
Stimulus:
- Guru
menampilkan contoh presentasi laporan observasi yang baik
- Diskusi
tentang ciri presentasi yang efektif
Identifikasi Masalah:
- Bagaimana
menyajikan laporan yang informatif dan komunikatif?
N.
Mengaplikasi
Pengumpulan Data:
- Menyusun
alat bantu presentasi (slide, gambar objek, infografis sederhana)
Pengolahan dan Pembuktian:
- Presentasi
kelompok di depan kelas selama 5–7 menit
- Kelompok
lain memberi catatan evaluasi dan komentar
Menarik Kesimpulan:
- Apa
kekuatan dan kelemahan presentasi masing-masing kelompok?
Komunikasi:
- Refleksi
lisan dan tertulis dari siswa
O.
Merefleksi
- Bagaimana
pengalaman menyampaikan laporan?
- Apa
manfaat revisi?
- Bagaimana
cara memperbaiki kualitas laporanmu?
Aplikasi
dan Tindak Lanjut
- Revisi
akhir laporan dalam format teks dan digital (Word/PDF)
- Simpan
sebagai portofolio tugas akhir bab
PENUTUP
- Umpan
balik menyeluruh
- Penguatan
nilai-nilai observasi dan pelaporan
- Doa
dan salam
LKPD 5 – Presentasi dan Revisi
Laporan Observasi
Kegiatan |
Instruksi |
Siapkan Presentasi |
Gunakan hasil laporan
kelompokmu untuk presentasi 5–7 menit |
Saling Evaluasi |
Gunakan rubrik presentasi untuk
menilai kelompok lain |
Lakukan Revisi |
Gunakan masukan guru dan teman
untuk menyempurnakan laporan |
Unggah Tugas |
Kumpulkan versi final laporan
digital (Word/PDF) |
Asesmen Awal 5
- Sebutkan
3 hal penting dalam presentasi laporan observasi!
- Mengapa
revisi diperlukan meskipun laporan sudah selesai ditulis?
- Apa
manfaat mempresentasikan laporanmu ke orang lain?
Materi: Mengenal Struktur dan Ciri
Kebahasaan TLHO
Aspek |
Indikator |
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
Pemahaman Struktur |
Mampu mengidentifikasi 3
struktur TLHO |
Menyebutkan dan menjelaskan
ketiganya dengan benar |
Menyebutkan 2 struktur dengan
penjelasan kurang tepat |
Menyebutkan 1 struktur dengan
penjelasan tidak tepat |
Tidak bisa menyebutkan struktur
TLHO |
Ciri Kebahasaan |
Menunjukkan ciri-ciri bahasa
ilmiah dalam teks |
Menemukan ≥3 ciri bahasa ilmiah |
Menemukan 2 ciri |
Menemukan 1 ciri |
Tidak menemukan ciri |
Partisipasi Diskusi |
Aktif dalam diskusi kelompok |
Berkontribusi aktif dan ide
orisinal |
Sesekali menyumbang ide |
Diam, hanya ikut mendengar |
Tidak terlibat sama sekali |
Rubrik
Penilaian Pertemuan 2
Materi: Menganalisis Isi dan Struktur
TLHO
Aspek |
Indikator |
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
Analisis Struktur |
Mampu membedakan teks lengkap
dan tidak lengkap |
Analisis tepat dan argumen kuat |
Analisis tepat namun kurang
alasan |
Sebagian benar, masih ragu-ragu |
Analisis salah atau asal |
Objektivitas Isi |
Mampu membedakan kalimat fakta
dan opini |
Semua kalimat dibedakan dengan
tepat |
Mayoritas tepat |
Beberapa salah |
Tidak bisa membedakan |
Kolaborasi |
Bekerja sama dalam kelompok |
Aktif dan mendukung teman |
Berperan cukup baik |
Pasif, hanya ikut |
Tidak terlibat |
Rubrik
Penilaian Pertemuan 3
Materi: Merancang dan Melaksanakan
Observasi
Aspek |
Indikator |
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
Perencanaan Observasi |
Menyusun rencana observasi
lengkap |
Rencana rinci, jelas, dan
realistis |
Cukup lengkap namun kurang
detail |
Kurang lengkap atau tidak
sesuai |
Tidak membuat |
Pelaksanaan Observasi |
Mampu mengumpulkan data sesuai
rencana |
Data lengkap, sistematis,
sesuai rencana |
Data cukup akurat namun belum
sistematis |
Data kurang lengkap |
Tidak melakukan observasi |
Catatan Lapangan |
Mampu mencatat hasil pengamatan |
Catatan rapi, lengkap, dan
objektif |
Cukup rapi dan objektif |
Catatan tidak runtut |
Tidak mencatat atau asal |
Rubrik
Penilaian Pertemuan 4
Materi: Menyusun Teks Laporan Hasil
Observasi
Aspek |
Indikator |
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
Struktur Teks |
Mengikuti urutan: definisi
umum, deskripsi bagian, simpulan |
Urutan lengkap dan logis |
Hampir lengkap dan logis |
Urutan tidak sistematis |
Tidak sesuai struktur |
Kebahasaan |
Menggunakan kaidah kebahasaan
TLHO |
Semua kaidah diterapkan dengan
tepat |
Sebagian besar tepat |
Banyak kesalahan |
Tidak menggunakan kaidah |
Penyuntingan Teks |
Melakukan revisi berdasarkan
masukan |
Revisi lengkap dan akurat |
Revisi sebagian |
Revisi seadanya |
Tidak revisi sama sekali |
Rubrik
Penilaian Pertemuan 5
Materi: Presentasi dan Revisi Laporan
Aspek |
Indikator |
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
Penyajian Presentasi |
Menyampaikan laporan dengan
percaya diri dan jelas |
Suara jelas, sikap baik, isi
disampaikan logis |
Cukup percaya diri, isi agak
kurang runtut |
Kurang percaya diri dan isi
membingungkan |
Tidak menyampaikan |
Alat Bantu/Media |
Menggunakan media yang
mendukung isi presentasi |
Media relevan, estetis, dan
membantu pemahaman |
Media cukup baik |
Media seadanya, kurang relevan |
Tidak menggunakan media |
Tanggapan Umpan Balik |
Mampu merevisi laporan dengan
tepat |
Revisi sangat baik, sesuai
semua saran |
Revisi sebagian |
Revisi tidak sesuai saran |
Tidak merevisi |
LAMPIRAN
PER PERTEMUAN
Pertemuan
1 – Mengenal Struktur dan Ciri Kebahasaan TLHO
Materi Inti:
- Pengertian
TLHO
- Fungsi
dan tujuan TLHO
- Struktur:
Definisi umum, deskripsi bagian, simpulan
- Kaidah
kebahasaan: kata benda umum, kata kerja mental, kalimat definisi,
konjungsi kausal/temporal
LKPD 1:
- Baca
teks TLHO tentang “Pohon Mangga”
- Identifikasi
struktur teks
- Tandai
kalimat dengan kata benda umum dan kata kerja mental
- Diskusikan
perbedaannya dengan teks deskripsi
Asesmen Awal:
- Jelaskan
pengertian teks laporan hasil observasi!
- Sebutkan
dan jelaskan struktur utama TLHO!
- Mengapa
teks ini harus bersifat objektif?
Pertemuan
2 – Menganalisis Isi dan Struktur TLHO
Materi Inti:
- Membedakan
teks TLHO yang sesuai dan tidak sesuai struktur
- Membedakan
kalimat fakta dan opini
- Memperkuat
pemahaman struktur teks
LKPD 2:
- Bandingkan
Teks A (benar) dan Teks B (salah urut)
- Identifikasi
bagian yang sesuai dan tidak
- Tandai
kalimat opini yang tidak seharusnya muncul
- Susun
ulang Teks B agar sesuai struktur TLHO
Asesmen Awal:
- Apa
akibatnya jika struktur laporan tidak sistematis?
- Bagaimana
membedakan fakta dan opini?
- Apakah
semua laporan harus disusun dengan struktur tertentu?
Pertemuan
3 – Merancang dan Melaksanakan Observasi
Materi Inti:
- Menentukan
objek observasi (relevan dengan jurusan)
- Menyusun
rencana observasi
- Melakukan
pengamatan dan pencatatan hasil
LKPD 3:
- Pilih
objek observasi (alat praktik, tanaman, mesin, dll.)
- Lengkapi
format:
- Nama objek
- Ciri fisik
- Fungsi
- Bagian-bagian penting
- Observasi
langsung dan isi catatan pengamatan
Asesmen Awal:
- Sebutkan
3 hal yang harus dipersiapkan sebelum observasi!
- Bagaimana
mencatat hasil pengamatan yang baik?
- Apa
manfaat mencatat hasil observasi secara sistematis?
Pertemuan
4 – Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi
Materi Inti:
- Menyusun
TLHO berdasarkan hasil observasi
- Menggunakan
struktur dan bahasa ilmiah
- Penyuntingan
teks
LKPD 4:
- Gunakan
hasil observasi untuk menulis TLHO
- Gunakan
struktur:
- Definisi Umum
- Deskripsi Bagian
- Simpulan
- Gunakan
kebahasaan yang sesuai
- Tukar
teks dengan kelompok lain dan beri umpan balik
Asesmen Awal:
- Apa
struktur dasar TLHO yang harus dipatuhi?
- Mengapa
laporan harus berbasis fakta dan bukan opini?
- Apa
yang dimaksud kalimat definisi dan contohnya?
Pertemuan
5 – Menyajikan dan Merevisi Laporan Hasil Observasi
Materi Inti:
- Presentasi
TLHO
- Penilaian
sejawat
- Revisi
teks laporan
LKPD 5:
- Siapkan
presentasi kelompok (5–7 menit)
- Gunakan
media visual (slide/infografis/gambar)
- Evaluasi
presentasi kelompok lain (rubrik)
- Revisi
laporan berdasarkan umpan balik
Asesmen Awal:
- Sebutkan
hal-hal penting dalam presentasi laporan!
- Apa
manfaat melakukan revisi laporan?
- Mengapa
masukan dari orang lain itu penting?
Lampiran
Tambahan
Asesmen
Format Proses & Sumatif
Formatif (dalam proses):
- Kinerja
diskusi kelompok
- Partisipasi
observasi lapangan
- Keaktifan
mengajukan pertanyaan
Sumatif (akhir):
- Produk
teks laporan observasi
- Presentasi
laporan kelompok
- Kuis
pemahaman struktur & kebahasaan
Pengayaan
dan Remedi
Pengayaan:
- Tugas
membuat TLHO berbasis video dokumenter
- Menulis
TLHO tentang alat praktik jurusan lain (lintas program keahlian)
Remedi:
- Menyusun
ulang struktur teks berdasarkan template
- Bimbingan
menyusun kalimat definisi dan deskripsi bagian
Glosarium
Istilah |
Arti |
Observasi |
Pengamatan langsung terhadap
objek |
TLHO |
Teks yang melaporkan hasil
pengamatan |
Definisi Umum |
Bagian teks yang berisi
pengenalan objek |
Deskripsi Bagian |
Penjelasan bagian-bagian objek
secara rinci |
Kalimat definisi |
Kalimat yang menjelaskan
pengertian suatu hal |
Objektif |
Berdasarkan fakta, bukan opini
pribadi |
Daftar
Pustaka
- Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Bahasa Indonesia Kelas X.
Jakarta: Kemendikbud.
- Kemdikbudristek.
(2021). Modul Ajar Kurikulum Merdeka – Bahasa Indonesia SMK.
- Susanto,
A. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks.
Yogyakarta: Deepublish.
- Modul
Projek Profil Pelajar Pancasila. Kemdikbud (2022)