Berikut deskripsi Capaian Pembelajaran (CP) terbaru 2025 dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Keputusan Kepala BSKAP Nomor 046/H/KR/2025, 16 Juli 2025), sebagai penegasan dan penyempurnaan CP sebelumnya (Nomor 032/H/KR/2024, 11 Juni 2024)
Ruang Lingkup & Jenjang Fase
CP mencakup semua jenjang, dari PAUD hingga Sekolah Menengah, serta pendidikan khusus dan paket A/B/C, dibagi berdasarkan fase perkembangan:
- Fase Fondasi : PAUD (2–6 tahun)
- Fase A : SD Kelas I–II
- Fase B : SD Kelas III–IV
- Fase C : SD Kelas V–VI
- Fase D : SMP Kelas VII–IX
- Fase E : SMA/SMK Kelas X
- Fase F : SMA/SMK Kelas XI–XII (atau XIII untuk Program 4 tahun)
Elemen Kompetensi dalam CP
- Pengetahuan – penguasaan konsep dasar & lanjutan per mata pelajaran
- Keterampilan – mencakup berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, problem solving
- Sikap – nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (iman, akhlak mulia, kesadaran kebhinekaan, tanggung jawab, dan lainnya)
Khusus PAUD (Fase Fondasi)
- Nilai agama & budi pekerti – pengenalan Tuhan, praktik ibadah, sikap moral
- Jati diri – mengenal diri, budaya dan lingkungan
- Dasar literasi & STEAM – numerasi, sains, teknologi, engineering, seni melalui bermain bermakna
Khusus SMK
- Kompetensi kejuruan – kemampuan teknis & budaya kerja sesuai industri
Fokus Strategis Pembaruan 2025
- Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) – mendukung pemahaman esensial lewat metode problem-based & inquiry-based learning
- Integrasi Teknologi Digital – penggunaan aplikasi, simulasi interaktif di sains dan matematika
- Personalisasi & Diferensiasi – adaptasi pembelajaran sesuai kebutuhan & potensi murid, termasuk murid berkebutuhan khusus
Implikasi untuk Satuan Pendidikan
- Menjadi landasan resmi penyusunan kurikulum operasional, RPP, ATP, gadget asesmen
- Guru & Sekolah perlu meninjau dan menyelaraskan perangkat ajar mereka dengan CP fase terbaru (046/H/KR/2025)
- Fokus fase menggeser perhatian dari pengajaran berbasis kelas ke pencapaian hasil belajar fase yang lebih fleksibel dan bermakna
Kesimpulan
CP 2025 mempertegas Kurikulum Merdeka dengan mengintegrasikan:
- Pembagian fase yang menekankan kesinambungan antar jenjang
- Pendekatan holistik meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik
- Deep Learning dan teknologi sebagai pendorong pembelajaran bermakna
- Fleksibilitas untuk diferensiasi dan kebutuhan kontekstual murid
- Satuan pendidikan dan tenaga pendidik diharapkan segera menyelaraskan perangkat ajarnya agar sejalan dengan visi dan standar baru ini.
Tags
edaran